Air Minum (AMAN)







Sesuai dengan regulasi yang ada di Indonesia yaitu Permenkes No. 492/ Menkes/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur pencapaian akses air minum aman yang telah disesuaikan dengan metadata SDGs internasional adalah “Proporsi populasi yang menggunakan sumber air minum aman”.


Di Indonesia, sumber air minum aman juga dikenal dengan istilah sebagai air minum yang memenuhi aspek 4K (kuantitas, kualitas, kontinuitas, dan keterjangkauan).

Rumah tangga yang menggunakan sumber air minum layak, lokasi sumber air minum layak, lokasi sumber air berada di dalam atau halaman rumah (on-premises), tersedia setiap saat dibutuhkan dan kualitas air minum yang dipergunakan memenuhi syarat kualitas air minum (sesuai Permenkes No. 492 Tahun 2010).


Sumber: Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan dan Pemukiman Berbasis Hasil (Outcome)

Akses air minum termasuk dalam strategi pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan infrastruktur perkotaan, dengan sasaran:100% hunian dengan akses air minum layak, termasuk akses aman 15%.